Pemasaran Dengan Perangkat Mobile

 A. Ruang Lingkup Pemasaran Mobile

Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknolgi informasi dan komunikasi, maka menybabkan semua bidang kehidupan juga mengalami perkembangan. hal ini juga mempengaruhi kegiatan bisnis. Dimana pemasaran yang dulunya dilakukan dengan sistem konvensional, sekarang juga mulai berkembang. Selain menggunakan Internet, pemasaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs mobile.


 1. Sejarah Mobile Marketing

Munculnya pemasaran mobile/mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000an saat short message service(sms) menjadi semakin populer.di eropa dan di asia,bisnis pengumpullan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka .akhirnya sms menjadi alat promosi yang sah dibagian lain dunia.Karena itu didirikan pedoman untuk melindungi baik pemasar dan konsumen.sebagai teknologi yang dikembangkan ,saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul,diantaranya:

a. Multimedia massage Service

Dengan MMS, pengiklan dapat mengirim pesan teks, video dan slideshow gambar dari produk. Hampir semua ponsel dengan layar warna dapat mengirim dan menerima MMS.

b. Game mobile marketing

Kecenderungan dari game mobile sudah mulai lebih canggih .permainan ini sangat kasual dalam mempromosikan produk yang sedang di promosikan dalam beberapa permainan.

c. Mobile web marketing

Disini,produk yang sedang dipromosikan pada halaman web yan diakses melalui perangkat mobile.

d. Pemasaran via bluetooth

Bluetooth populer hanya pada taun 2003,bluetooth disisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile.

e. Mobile marketing melalui kode quick response

Kode QR seperti harcode tapi bukan hanya sekelompok garis paralel namun memiliki 2 dimensi seperti pada gambar QR.

2. Pengertian Pemasaran dengan Situs mobile

Dalam kegiatan pemasaran, ponsel merupakan cara baru yang saat ini menjadi tren tersendiri dan menajadi senjata untuk menjadi produk. Dimasa sekarang ponsel bukan lagi barang langka melainkan sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Dimana ponsel semakin lama juga mengalami perkembangan sehingga saat ini ponsel sudah dapat digunakan untuk mengakses internet. 

Pengertian mobile marketing menurut Assosiasi mobile Marketing, yaitu sekumpulan praktik yang memungkinkan sebuah organisasi berkomunikasidan terikat (engage) dengan khalayak (audience) mereka dalam cara yang interaktif dan relevan melalui peralatan atau jaringan mobile. Adapun secara umum, mobile marketing adalah pemasaran yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan konsumen mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel.

3. Fungsi mobile marketing

 Berikut adalah fungsi penting dari mobile marketing. :

a. Mobile advertising

b. Mobite sales promo

c. Mobile direct marketing

d. Mobile CRM (cusfomer relation management)

 

4. Karakteristik perangkat mobile dibanding sistem desktop

Adapun karakteristik dari perangkat mobile, sebagai berikut :

a. Ukuran yang kecil

b. Memori yang terbatas

c. Daya proses yang terbatas tidaklah setangguh desktop

d. Mengkonsumsi daya yang rendah

e. Kuat dan dapat diandalkan

f. Konektivitas yang terbatas

g. Masa hidup yang pendek


5. Mobile web dan mobile aplikasi

Berikut adalah penjblasa mengenai mobile web dan mobile aplikasi :

 a. Mobile web

Adapun kelebihan mobile web, sebagai berikut. 

  • Mobile web dapat digunakan dengan baik di semua browser dan platform mobile. 
  • Mobile web dapat didistribusikan tanpa harus mendapatkan approve dari pihak tertentu. 
  • Dalam mobile web pengguna tidak perlu susah payah mencariditoko aplikasi. 

b. Mobile aplikasi

Kelebihan dari mobile aplikasi, sebagai berikut : 

  1. Mobile aplikasi memiliki performa lebih cepat jika dibandingkan dengan mobile web karena di dalam sebuah mobile aplikasi hanya memilikisatu buah domain. 
  2. Mobile aplikasijauh lebih menarik dari segi visual. 
  3. Para pengguna memiliki akses penuh ke perangkal mobite aplikasi. 
  4. Keamanan dan kualitas mobile aplikasi inijauh lebih terjamin karena dikontrol oleh vendornya masing - masing .
Adapun kekurangan dari mobile aplikasi, sebagai berikut. 
  1. Dalam mobile aplikasi tidak selalu bisa atau sangat jarang bisa dioperasikan ketika pengguna sedang online
  2. Ada beberapa macam aplikasi yang tidak bisa digunakan pada platform IOS lain. 
  3. Biaya pengembangannya jauh lebih mahaljika dibandingkan dengan mobile web.
  4. Mobile aplikasi mengharuskan adanya persetujuan dan pembatasan konten yang berlaku pada tiap toko aplikasi.


Komentar

  1. Silahkan di Tulis saran dan komentar

    BalasHapus
  2. Nama:siti nada athulfailah
    Kelas: Xll bdp

    Saran saya dalam pemasaran dengan perangkat mobile ini akan lebih mudah karena aplikasi ini jauh lebih menarik dari segi visual dan kekurangan nya sangat jarang bisa di operasi kan ketika pengguna sedang online

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum pak, saya Siti Khoerun Nissa dari kelas XII BDP, Alhamdulillah materinya mudah di pahami,terimakasih atas materinya ya pak :)

    BalasHapus
  4. Nama : Mochamad algifari
    Kelas : XII BDP

    saran saya dalam pemasaran dengan perangkat mobile ini lebih mudah dioperasikan dalam jangkauan internet/online dan kelemahan nya yaitu kita tidak bisa mengakses jika sedang offline

    BalasHapus
  5. Sebelumnya maaf, saya tidak membacanya, tetapi nanti saya akan membacanya kembali, trimakasih pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGOLAH KATA MICROSOFT WORD

Artikel Komputer